top of page

Apa Itu Polyurethane Foam dengan Metode Injection?

Diperbarui: 24 Apr


Polyurethane Foam dengan Metode Injection

Polyurethane Foam banyak digemari karena aplikasinya yang mudah dan luas. Tetapi, sudah tahu belum kalau ternyata penggunaan polyurethane foam ternyata terdiri dari berbagai metode. Mulai dari penyemprotan, penuangan, pencetakan, kuas, dan injeksi. Melalui artikel ini, kita akan membahas lebih dalam segala hal terkait polyurethane foam metode injeksi. Yuk simak bersama!


Definisi Polyurethane Foam Inject

Polyurethane foam injection adalah suatu metode konstruksi yang menggunakan bahan busa poliuretan untuk mengisi rongga atau celah pada struktur bangunan. Teknik ini dapat diterapkan pada berbagai jenis bangunan, seperti gedung bertingkat, jembatan, tangga, tangki penyimpanan, dan lainnya. Proses injeksi busa poliuretan ini dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, menghemat waktu dan biaya dalam konstruksi.

Keunggulan dari penggunaan busa poliuretan adalah kemampuannya untuk cepat mengering setelah diinjeksikan, sehingga memungkinkan area yang telah diaplikasikan dapat segera digunakan setelah proses selesai. Hal ini membantu mempercepat proyek konstruksi dan meminimalkan gangguan pada aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, Injeksi busa polyurethane menjadi pilihan yang efektif untuk mengatasi berbagai kebutuhan perbaikan dan perkuatan struktur bangunan tanpa mengganggu kesibukan pengguna bangunan tersebut.


ilustrasi foam PU

Cara Kerja Polyurethane Foam Inject

Proses pengaplikasian polyurethane foam inject dimulai dengan persiapan yang mencakup persiapan permukaan, bahan, dan peralatan. Pertama, area yang akan diinjeksi dibersihkan untuk memastikan adhesi yang baik. Kemudian, polyurethane foam (PU) dan bahan campuran (biasanya polyol dan isocyanate) disiapkan dengan proporsi yang tepat. Peralatan seperti mesin injeksi PU, selang, dan nosel injeksi disiapkan dan dikalibrasi untuk memastikan akurasi injeksi.

Langkah kedua adalah proses injeksi, di mana PU dan bahan campuran dicampur secara menyeluruh dalam mesin injeksi, lalu diinjeksikan ke dalam rongga atau celah melalui lubang yang telah dibuat sebelumnya. PU kemudian mengembang dan mengisi rongga atau celah secara merata sebelum mengeras menjadi busa padat dalam waktu singkat.

Setelah proses injeksi selesai, langkah terakhir adalah penyelesaian. Ini meliputi pembersihan peralatan dengan pelarut khusus, pemeriksaan area yang di injeksi untuk memastikan pengisian yang sempurna, dan pemotongan kelebihan busa yang menonjol dengan rapi. Beberapa faktor yang mempengaruhi cara kerja proses ini termasuk viskositas PU yang menentukan kemudahan aliran, proporsi campuran yang memengaruhi sifat akhir busa, serta suhu, kelembaban, dan tekanan injeksi yang dapat mempengaruhi proses ekspansi dan pengeringan PU.


Kelebihan Menggunakan Polyurethane Foam Inject

Penggunaan polyurethane foam memiliki banyak kelebihan misalnya saja dalam hal efisiensi dan efektivitas. Proses aplikasinya yang cepat memungkinkan penggunaan yang mudah bahkan di area yang sulit dijangkau, sementara pengeringan yang cepat memungkinkan penggunaan area yang diaplikasikan segera setelah proses selesai. Hal ini menghemat waktu dan tenaga kerja, serta mengurangi biaya karena mengurangi kebutuhan akan bahan dan tenaga kerja terampil.

Selain itu, polyurethane foam juga memiliki ketahanan dan performa yang baik. Keunggulan seperti ketahanan air dan kelembapan yang tinggi menjadikannya ideal untuk area basah seperti basement dan kamar mandi. Sifatnya yang tahan terhadap suhu ekstrim serta kekuatan tarik yang tinggi membuatnya tahan lama dan tahan terhadap kerusakan. Tidak hanya itu, polyurethane foam juga tahan terhadap jamur, lumut, dan hama, sehingga tidak mudah rusak.

Terdapat juga manfaat tambahan seperti kemampuannya untuk mengisi celah dan rongga dengan sempurna, meredam suara dan getaran, serta membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan mencegah masuknya debu dan polutan. Selain itu, polyurethane foam juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan tidak merusak lingkungan.


ilustrasi mesin dalam pabrik

Aplikasi Polyurethane Foam Inject

Berikut merupakan beberapa contoh penerapan polyurethane foam (PU) dalam industri, terutama di pabrik dan gudang:

  • Isolasi Termal: PU dapat digunakan pada dinding dan atap bangunan untuk meningkatkan efisiensi energi. Ini membantu menjaga suhu ruangan yang ideal, mengurangi penggunaan AC atau pemanas, dan menghemat biaya energi. Selain itu, PU juga dapat diterapkan pada lantai di area seperti ruang pendingin atau penyimpanan bahan makanan untuk menjaga temperatur dan kualitas produk.

  • Peredam Suara: Dengan mengaplikasikan PU pada dinding dan langit-langit ruang mesin, suara bising dari mesin dan peralatan dapat diredam, menciptakan lingkungan kerja yang lebih tenang dan nyaman. Demikian pula, penggunaan PU pada generator dapat mengurangi suara bising dan getaran, meningkatkan kenyamanan di sekitar area tersebut.

  • Sealant dan Gasket: PU digunakan sebagai sealant dan gasket pada panel dinding dan atap untuk mencegah kebocoran udara dan air, menjaga ketahanan bangunan dan kualitas produk yang disimpan. Selain itu, penggunaan PU pada pintu dan jendela dapat meningkatkan insulasi, meredam suara, dan mencegah kebocoran udara dan air.

  • Pengisian Rongga dan Celah: Dengan mengisi rongga dan celah pada peralatan dan mesin dengan PU, stabilitas dan ketahanannya dapat ditingkatkan, sementara kebisingan dapat dikurangi. Demikian pula, aplikasi PU pada tangki dan wadah dapat meningkatkan insulasi dan mencegah kebocoran. Dengan demikian, penerapan PU di industri membawa manfaat besar dalam hal efisiensi energi, kenyamanan lingkungan kerja, dan keandalan produk.


Itu dia beberapa informasi terkait metode pemasangan PU injeksi. Saat memasang, pastikan untuk memilih penyedia layanan profesional dan berpengalaman sehingga hasil pekerjaan terjamin dan mudah diperbaiki.


Rekomendasi Jasa Aplikasi Insulasi Thermal dengan Polyurethane Foam Inject

Setelah memahami keunggulan polyurethane foam dengan metode injection, inilah saatnya untuk memilih PT. Wahana Indoko Pratama sebagai rekan terpercaya Anda dalam aplikasi insulasi thermal. Dengan komitmen kuat kami pada kualitas, kami siap menjadi pilihan utama untuk solusi insulasi thermal polyurethane foam inject di Indonesia. Pilih kami, dan rasakan perbedaannya!



PT. Wahana Indoko Pratama

Head Office

Ruko Golf Lake Residence Venice Blok B 18-19 Jl. Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng Timur, Jakarta Barat

Workshop

Jln. Iskandar Muda No.83 Sewan Rawa Kucing Kecamatan Neglasari, Tangerang, Indonesia 15129

Kontak Kami

Ericko Marvin : 0812 6166 2188

Dedy Afriadi : 0812 8849 3680

Ricky Hamdja : 0819 3236 0033

Andra Permanajaya : 0858 8234 1919

10 tampilan0 komentar

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page