top of page

Memahami Polyurethane Foam untuk Peredam Panas: Keunggulan dan aplikasi material

Diperbarui: 1 Mar


Polyurethane Foam, atau busa poliuretan, adalah bahan insulasi termal dan akustik pilihan terdepan karena sifat isolasinya yang luar biasa dan fleksibilitas dalam aplikasinya. PU Foam adalah polimer sintetis yang terbentuk melalui reaksi kimia antara dua komponen utama: Polyol dan isosianat, yang dapat mengembang 30 - 50 kali dari ukuran semula setelah dicampur pada mesin Spray.


curing time polyurethane foam


Insulasi Termal terbaik untuk lingkungan tropis Jakarta

Dibandingkan dengan material konvensional, Polyurethane Foam memiliki konduktivitas termal terendah di 0.022 - 0.028 W/M.K. Hal ini menjadikan PU Foam sebagai pilihan terbaik untuk insulasi termal di Jakarta. Dengan konduktivitas termal rendah, PU Foam membantu menjaga suhu ruangan stabil, menghemat biaya energi listrik, dan memberikan kenyamanan.


konduktifitas termal polyurethane foam


Aplikasi Polyurethane Foam oleh Wahana Indoko Pratama


1. Polyurethane Foam Spray

PU Foam Spray dengan kepadatan sekitar 25 - 40 kg/m3 digunakan secara luas untuk insulasi gedung, industri dan perumahan di Jakarta. Dengan waktu pengeringan kurang dari 6 detik, aplikasi metode Spray dapat dilakukan dengan cepat.


aplikasi polyurethane foam di atap


Penggunaan PU Spray:


Pergudangan & Pabrik Industrial:
  • Pada atap pergudangan dan insulasi dinding gudang pendingin (cold storage), PU Spray menjaga stabilitas suhu di fasilitas industri, seperti pabrik pengolahan daging dan pusat distribusi makanan beku yang sangat bergantung pada kestabilan suhu ruangan


Rumah Residensial:
  • Sebagai bahan isolasi untuk atap, dinding, dan lantai, memberikan kenyamanan di tengah cuaca ekstrem Jakarta dan melindungi dari polusi udara lalu lintas.


Gedung Komersial:
  • Diterapkan di kantor, fasilitas olahraga, pusat perbelanjaan, dan gedung pemerintah, memberikan efisiensi energi dan kenyamanan bagi penghuni atau pengunjung.


2. Polyurethane Foam Inject

PU Foam Inject memiliki kepadatan yang bervariasi, dari 40 hingga 100 kg/m3, disesuaikan dengan kebutuhan proyek di Jakarta. Waktu pengeringan yang lebih lama, sekitar 30 - 45 detik, memungkinkan pembentukan material sesuai bentuk objek yang akan dilindungi.


polyurethane foam inject


Penggunaan PU Inject:


Industri Oil & Gas:
  • Digunakan untuk peredam dan perlindungan pipa, menghindari kebocoran dan menjaga suhu di dalam pipa, seperti dalam industri LNG.


Industri Food Manufacturing:
  • Menginsulasi tanki penyimpanan dengan suhu ekstrem di industri makanan untuk menghindari kondensasi.


Kelebihan Polyurethane Foam


1. Durabilitas Bahan:

  • PU Foam menunjukkan kekuatan dan daya tahan yang tinggi, memberikan dukungan struktural dan ketahanan untuk bangunan selama umur bangunan itu sendiri dengan implementasi yang benar


2. Efisiensi Energi:

  • Keunggulan PU Foam menjadi krusial di lingkungan Indonesia yang panas, meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi biaya listrik.


3. Pengerjaan yang Cepat:

  • Dengan waktu pengeringan yang rendah, penerapan PU Foam dapat dilakukan dengan cepat. Metode spray Wahana Indoko Pratama memungkinkan pengerjaan lebih efisien, mencakup hingga 200m2 dalam sehari.


Harga Polyurethane Foam


Polyurethane Foam adalah solusi serbaguna dan efektif untuk berbagai kebutuhan di lingkungan Jakarta yang dinamis. Dengan isolasi termal unggul dan aplikabilitas yang luas, PU Foam menjadi pilihan terbaik untuk proyek-proyek konstruksi dan manufaktur di wilayah ini.


Jika Anda mencari solusi perlindungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek di Jakarta, PU Foam dari Wahana Indoko Pratama adalah pilihan yang dapat diandalkan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi mengenai penerapan PU Foam dalam proyek industri Anda.

176 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page