top of page

Mengenal Penggunaan Polyurea dalam Waterproofing

Diperbarui: 16 Feb



Dalam dunia konstruksi modern, perlindungan terhadap elemen cuaca ekstrem, air, dan bahan kimia menjadi aspek krusial untuk memastikan ketahanan dan umur layanan struktur bangunan. Salah satu inovasi terbaru yang menonjol dalam industri waterproofing adalah penggunaan Polyurea.

Seiring dengan kemajuan teknologi, polyurea telah membuktikan diri sebagai pilihan yang unggul dalam menjaga kekeringan dan kekuatan struktural. Artikel kali ini akan membahas secara mendalam mengenai keunggulan penggunaan Polyurea dalam waterproofing serta poin-poin penting yang perlu diperhatikan.


Mengenal Polyurea

Polyurea adalah polimer yang terbentuk dari reaksi kimia antara isosianat dan amina. Proses ini menghasilkan lapisan elastomer yang kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi ekstrem. Keistimewaan utama Polyurea terletak pada kecepatan pengeringannya, elastisitas tinggi, daya tahan yang kuat, dan umur layanan panjang.



Apa Saja Kelebihan Polyurea untuk Waterproofing?

Setelah mengetahui apa itu Polyurea, maka penting untuk mengetahui kelebihannya terkait waterproofing. Diantaranya sebagai berikut:

1. Cepat Kering

Salah satu keunggulan utama Polyurea adalah kecepatan pengeringannya. Dalam hitungan detik atau menit setelah aplikasi, lapisan Polyurea sudah dapat mengering sepenuhnya. Hal ini memungkinkan proyek konstruksi untuk berlanjut tanpa penundaan yang signifikan.

2. Elastisitas Tinggi

Polyurea menawarkan tingkat elastisitas yang luar biasa. Kemampuannya meregang dan menyusut sesuai dengan perubahan suhu membuatnya ideal untuk penggunaan di berbagai iklim. Lapisan Polyurea dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dimensi struktural tanpa merusak kekuatan atau integritas waterproofing.

3. Daya Tahan yang Kuat

Polyurea tahan terhadap berbagai bahan kimia, abrasi, dan kondisi cuaca yang ekstrem. Hal ini membuatnya sangat efektif dalam melindungi struktur dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor-faktor eksternal.

4. Umur Layanan Panjang

Kombinasi kecepatan pengeringan, elastisitas tinggi, dan daya tahan yang kuat memberikan Polyurea umur layanan yang panjang. Struktur yang dilapisi dengan Polyurea dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan metode waterproofing konvensional.


Pengaplikasian Polyurea dalam Waterproofing

Dengan segala kelebihannya, Polyurea cocok untuk waterproofing. Dimana dapat diaplikasikan ke beberapa kebutuhan seperti:

1. Atap dan Dek

Polyurea digunakan secara luas untuk melindungi atap dari air hujan dan kondensasi. Kecepatan pengeringannya membuatnya ideal untuk proyek atap yang memerlukan penyelesaian cepat.

2. Fasilitas Industri

Dalam fasilitas industri, polyurea memberikan perlindungan terhadap bahan kimia dan proses produksi yang dapat merusak struktur bangunan. Kemampuannya menahan zat kimia agresif membuatnya menjadi pilihan yang aman dan efektif.

3. Parkir dan Jembatan

Polyurea digunakan untuk mengurangi risiko kerusakan pada parkir dan jembatan akibat air dan garam. Daya tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem membuatnya cocok untuk struktur di area terbuka.


Mengetahui Proses Pengaplikasian Polyurea

Setelah mengetahui definisi Polyurea, sebelum menggunakannya tentu perlu mengetahui proses pengaplikasiannya. Yaitu:

1. Persiapan Permukaan

Pertama dan terpenting latih tim Anda. Memiliki proses standar dan berulang memastikan bahwa installer akan melakukannya dengan benar. Jika memungkinkan, lakukan pelatihan langsung dengan produsen, dan sebaiknya secara langsung dilakukan pada fasilitas mereka, sehingga bisa mendapatkan pengalaman secara langsung.

Langkah 1: Siapkan permukaannya

Penting untuk membersihkan permukaan beton dari kotoran, sealer, dan kontaminan lainnya agar pemasangan berhasil. Persiapan permukaan yang baik memungkinkan bahan pelapis menempel dengan kuat. Pilih metode persiapan yang sesuai dengan proyek, biasanya dengan membuat profil permukaan agar bahan pelapis bisa meresap dan menempel dengan baik, bisa dengan cara shot blast, skarifikasi, atau proses lainnya.

Langkah 2: Perbaiki retakan dan sambungan

Setelah permukaan siap, waktunya memperbaiki retakan dan sambungan. Kami sarankan menggunakan bahan berbasis polyurea karena fleksibilitas dan kecepatan keringnya yang luar biasa. Tambahkan pasir atau kerikil untuk memperkuat dan mengisi keropos, lubang, dan retakan besar. Tapi untuk sambungan yang menyusut lebih baik tidak diisi, kami biasanya melapisi dan menghindari mengikat sambungan agar tidak retak di tengah.

Langkah 3: Aplikasikan primer

Gunakan alat pembersih untuk mengaplikasikan primer sesuai ketebalan yang dianjurkan. Primer bisa jadi bening atau berpigmen, tergantung pada sistem lantai yang dipilih. Atau bisa mengaplikasikan primer berwarna diikuti oleh lapisan bening untuk hasil yang sederhana.

2. Aplikasi

Aplikasi Polyurea dilakukan dengan menggunakan peralatan khusus seperti mesin spray. Teknisi yang terlatih akan menyemprotkan lapisan Polyurea secara merata pada permukaan yang telah disiapkan.

3. Inspeksi dan Penilaian

Setelah aplikasi, dilakukan inspeksi untuk memastikan lapisan Polyurea merata dan sesuai dengan standar. Proses ini krusial untuk menjamin kualitas dan keefektifan waterproofing.


Alasan Memilih Polyurea Dibandingkan Produk Waterproofing Lainnya

Perlu dipahami mengapa Polyurea sesuai dengan kebutuhan untuk waterproofing dibandingkan waterproofing lainnya. Sebagai perbandingan, diantaranya sebagai berikut:

1. Kualitas Material

Pemilihan Polyurea berkualitas tinggi menjadi faktor kunci untuk hasil yang optimal. Keberhasilan waterproofing sangat tergantung pada kualitas bahan yang digunakan.

2. Biaya

Meskipun biaya awal penggunaan Polyurea mungkin lebih tinggi, namun jika dilihat dalam jangka panjang, biaya perawatan dan perbaikan dapat diminimalkan. Keunggulan umur layanan panjang Polyurea memberikan nilai tambah dalam hal biaya.

3. Kontraktor yang Berpengalaman

Pemilihan kontraktor yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam aplikasi Polyurea sangat penting. Keberhasilan proses waterproofing tidak hanya tergantung pada bahan, tetapi juga pada keterampilan pelaksanaan.


Kesimpulan

Polyurea telah membuktikan diri sebagai solusi yang unggul dalam waterproofing berkat kecepatan pengeringan, elastisitas tinggi, daya tahan yang kuat, dan umur layanan panjangnya. Pengaplikasiannya yang luas, mulai dari atap hingga fasilitas industri dan jembatan, menunjukkan fleksibilitas dan efektivitasnya dalam berbagai konteks. Dengan mempertimbangkan kualitas material, biaya jangka panjang, dan pengalaman kontraktor, pemilihan Polyurea sebagai metode waterproofing menjadi pilihan cerdas untuk memastikan keberlanjutan dan ketahanan struktur bangunan.


Dimanakah Anda Bisa Menemukan Layanan Polyurea Waterproofing?

Setelah mengenal pentingnya penggunaan Polyurea dalam waterproofing, inilah saatnya Anda beraksi dengan memilih PT. Wahana Indoko Pratama sebagai solusi terbaik. Dapatkan perlindungan waterproofing yang efektif dan tahan lama untuk berbagai kebutuhan industri Anda, bersama kami sekarang juga.



PT. Wahana Indoko Pratama

Head Office

Ruko Golf Lake Residence Venice Blok B 18-19Jl Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng Timur, Jakarta Barat

Workshop

Jln. Iskandar Muda No.83 Sewan Rawa KucingKecamatan Neglasari, Tangerang, Indonesia 15129

Kontak Kami

Ericko Marvin : 0812 6166 2188 Dedy Afriadi : 0812 8849 3680 Ricky Hamdja : 0819 3236 0033 Andra Permanajaya : 0858 8234 1919

39 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page