top of page

Panduan Mempersiapkan Permukaan Agar Aplikasi Polyurea Waterproofing Lebih Efektif!


ilustrasi dinding waterproof

Waterproofing dalam konstruksi bangunan penting untuk melindungi bangunan dari air yang bisa menyebabkan kerusakan struktur dan penampilan bangunan. Salah satu solusi yang terkenal adalah waterproofing polyurea. Proses aplikasinya melibatkan dua komponen polyurea yang disemprotkan dengan mesin khusus. Namun, kesalahan dalam proses aplikasi bisa mengurangi kualitas waterproofing dan berujung pada kerusakan di masa mendatang. Lalu bagaimana cara mempersiapkan permukaan agar waterproofing efektif? Ini panduannya!


Pembersihan Permukaan

Pada tahap pemeriksaan awal, lakukan inspeksi visual untuk memastikan permukaan bebas dari retakan dan kelembaban kurang dari 10%. Periksa juga keberadaan minyak atau zat lain yang mengganggu adhesi. Selanjutnya, bersihkan permukaan dari kotoran dan debu dengan deterjen netral, kemudian bilas dan biarkan kering sepenuhnya. Untuk persiapan permukaan khusus, sandblasting diperlukan untuk beton guna membuka pori-pori, sedangkan logam memerlukan penghilangan karat dan penggunaan pelapis primer khusus. Terakhir, pastikan permukaan bersih dan lakukan tes adhesi untuk memastikan daya rekat yang kuat.


Perbaikan Kerusakan Permukaan

Sebelum menerapkan lapisan waterproofing polyurea, penting untuk mengetahui dan memperbaiki kerusakan permukaan. Langkah-langkah ini membantu memastikan hasil yang optimal.

Deteksi Kerusakan:

  • Lakukan inspeksi visual menyeluruh untuk mencari retakan, lubang, atau sambungan longgar.

  • Gunakan tes ketukan dengan palu karet untuk mengidentifikasi area yang rapuh.

  • Uji kebocoran untuk memastikan tidak ada kebocoran air yang tersembunyi.

Memperbaiki Kerusakan:

  • Bersihkan retakan dan lubang, kemudian gunakan bahan patching yang cocok dengan polyurea.

  • Pastikan permukaan rata dan biarkan bahan patching mengering sepenuhnya.

  • Untuk sambungan yang longgar, lepaskan dan gunakan sealant atau perekat yang cocok dengan polyurea.

  • Perbaiki kerusakan lain sesuai dengan petunjuk produsen dan pastikan bahan yang digunakan kompatibel.


Pengamplasan dan Penghalusan Permukaan


Amplas Permukaan

Pengamplasan bertujuan untuk menciptakan tekstur kasar agar polyurea dapat melekat lebih kuat, menghasilkan perlindungan terhadap air yang lebih tahan lama. Manfaatnya adalah meningkatkan daya rekat, kekuatan waterproofing, dan ketahanan terhadap tekanan serta getaran. Langkah-langkahnya meliputi pemilihan jenis amplas yang sesuai, penggunaan alat yang tepat seperti mesin sander, pengamplasan permukaan secara merata, pembersihan debu, dan pemeriksaan hasil akhir untuk memastikan kehalusan dan ketebalan yang sesuai. Dengan demikian, proses pengamplasan menjadi kunci untuk mendapatkan hasil aplikasi polyurea yang optimal dan tahan lama.


Primer dan Penyegelan

Persiapan permukaan sebelum aplikasi waterproofing polyurea memerlukan primer dan bahan penyegel sebagai komponen penting. Keduanya memiliki peran vital dalam meningkatkan daya rekat dan efektivitas waterproofing secara keseluruhan.

Primer membantu meningkatkan adhesi polyurea dengan menciptakan ikatan yang lebih kuat, menutupi pori-pori permukaan untuk mencegah penetrasi air, serta meningkatkan ketahanan terhadap kelembaban dan perubahan suhu. Sementara itu, bahan penyegel menciptakan lapisan kedap air untuk melindungi permukaan dari penetrasi air dan kelembaban, serta menjaga keawetan dari kerusakan akibat zat kimia dan kontaminan lainnya, serta meningkatkan daya tahan terhadap abrasi dan keausan.


Pengujian Kelembaban

Sebelum mengaplikasikan lapisan waterproofing polyurea, pengujian kelembaban menjadi langkah penting dalam persiapan permukaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa permukaan telah cukup kering dan bebas kelembaban agar polyurea dapat melekat dengan baik serta menghasilkan waterproofing yang optimal. Penggunaan alat uji kelembaban elektronik direkomendasikan untuk mengukur kadar air pada permukaan. Pastikan alat uji telah dikalibrasi dengan benar dan ikuti petunjuk penggunaannya untuk mendapatkan hasil yang akurat. Metode lainnya adalah dengan melakukan tes cairan dengan meneteskan beberapa tetes air ke permukaan. Jika air meresap dalam waktu 30 detik, permukaan masih lembab dan tidak siap untuk aplikasi polyurea. Namun, jika air tetap berada di permukaan, maka permukaan sudah cukup kering. Idealnya, kadar air sebelum aplikasi polyurea sebaiknya berada di bawah 10%, namun pastikan untuk selalu mengacu pada petunjuk teknis dari produsen waterproofing polyurea untuk rekomendasi kadar air yang tepat.


Aplikasi Polyurea


perlengkapan diri untuk aplikasi waterproofing

Menerapkan polyurea dengan benar membutuhkan persiapan yang hati-hati dan teknik penyemprotan yang tepat. Gunakan perlengkapan pelindung diri dan siapkan peralatan yang diperlukan. Campurkan komponen polyurea sesuai petunjuk produsen sebelum menyemprotkannya. Atur tekanan dan aliran mesin semprot sesuai jenis dan viskositas polyurea. Semprotkan dalam lapisan tipis, biarkan kering, dan pastikan seluruh permukaan terlapisi merata. Penting untuk memperhatikan ketebalan yang direkomendasikan. Ketebalan ini dapat bervariasi tergantung pada faktor seperti jenis permukaan dan tingkat paparan. Ikuti petunjuk produsen untuk hasil terbaik.


Inspeksi dan Evaluasi

Setelah penerapan aplikasi, tahapan inspeksi dan evaluasi sangat penting untuk memastikan kualitasnya serta keefektifan polyurea dalam mencegah kebocoran. Pertama, lakukan inspeksi visual dengan teliti untuk mendeteksi cacat seperti gelembung atau goresan, serta pastikan bahwa lapisan telah merata dan tidak terlewat. Selanjutnya, uji adhesi dilakukan untuk memastikan kekuatan perlekatannya pada permukaan, dengan metode seperti tes pull-off atau cross-cut. Tak lupa, uji kebocoran diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kedap airnya, dengan metode seperti penyemprotan atau penggenangan air. Terakhir, uji ketahanan dilakukan untuk memastikan daya tahan terhadap abrasi, sinar UV, dan bahan kimia, agar lapisan polyurea dapat memenuhi standar yang ditetapkan.

Waterproofing merupakan aspek penting dalam konstruksi bangunan. Pilihlah jenis waterproofing yang tepat dan pastikan aplikasinya dilakukan dengan benar oleh profesional untuk hasil yang maksimal dan tahan lama.


Rekomendasi Spesialis Layanan Waterproofing Terbaik

Setelah mempelajari panduan mempersiapkan permukaan untuk aplikasi polyurea waterproofing yang lebih efektif, inilah saatnya Anda beralih ke spesialis terbaik, PT. Wahana Indoko Pratama. Kami tidak hanya memenuhi tapi juga melampaui ekspektasi Anda dengan layanan waterproofing berkelas dan dukungan purna jual yang memastikan kepuasan dan ketahanan jangka panjang. Percayakan kebutuhan waterproofing Anda kepada kami dan rasakan perbedaannya!



PT. Wahana Indoko Pratama

Head Office

Ruko Golf Lake Residence Venice Blok B 18-19 Jl. Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng Timur, Jakarta Barat

Workshop

Jln. Iskandar Muda No.83 Sewan Rawa Kucing Kecamatan Neglasari, Tangerang, Indonesia 15129

Kontak Kami

Ericko Marvin : 0812 6166 2188

Dedy Afriadi : 0812 8849 3680

Ricky Hamdja : 0819 3236 0033

Andra Permanajaya : 0858 8234 1919


5 tampilan0 komentar

Comentários


Os comentários foram desativados.
bottom of page